TSM Logo
   
   
   

> Media Bisnis

   
 

MEDIA BISNIS
Vol. 2, No. 2, 1 September 2010, Hlm. 1 - 5
ISSN: 2085-3106

Penerapan Delivery Channel Melalui Strategi Self Service Technology pada Industri Perbankan

Aulia Danibrata

PDF File
Published Version
File size: 234KB

Official URL: http://www.tsm.ac.id/MB/MB.2.2.September.2010/Penerapan Delivery Channel melalui Strategi Self Service Technology pada Industri Perbankan.pdf

ABSTRACT:

Persaingan yang ketat terjadi pada industri perbankan dalam negeri atau domestik, dimana berdasarkan data yang ada masih cukup banyak jumlah bank lokal yang beroperasi di Indonesia. Saat ini telah terjadi pergeseran pasar perbankan, yaitu dari seller’s market menjadi buyer’s market, dimana pertumbuhan kapasitas perbankan yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pasar. Hal tersebut dibuktikan dengan dipermudahnya pendirian cabang bank (relaksasi), dimana apabila dilihat pada tahun 1988 jumlah cabang bank adalah 1958 cabang, adapun pada tahun 2006 terdapat 9110 kantor cabang. Pada tahun 2008 jumlah kantor cabang sebanyak 10.936, dan bulan Maret 2009 jumlah kantor cabang telah meningkat menjadi 12.047 kantor (Sumber: Bank Indonesia). Persaingan yang ketat ini menyebabkan terjadi bajak membajak nasabah, terutama nasabah dengan potensi yang baik. Masuknya bank-bank asing ke Indonesia atau bank dengan mayoritas saham dimiliki asing membuat bank-bank lokal harus lebih kuat lagi guna mengatasi pergeseran pasar.

Keywords: Delivery Channel, Self Service Technology, Perbankan

 
Peta Situs | Peta Kampus | Kontak
Trisakti School of management
Jl. Kyai Tapa No. 20. Grogol - Jakarta Barat 11440
Telp. 021.5666717 [HUMAS Ext. 260 & 290] Fax. 021.5635480
Copyright © 2009 Trisakti School of Management. All rights reserved.
Official Website :: Trisakti School of Management
Developed By: IT Team