TSM Logo
   
   
   

> Media Bisnis

   
 

MEDIA BISNIS
Vol. 3, No. 1, 1 Maret 2011, Hlm. 8 - 16
ISSN: 2085-3106

Masalah dan Biaya Keagenan

Nicken Destriana

PDF File
Published Version
File size: 187KB

Official URL: http://www.tsm.ac.id/MB/MB.3.1.Maret.2011/Masalah dan Biaya Keagenan.pdf

ABSTRACT:

Dalam mengelola suatu perusahaan telah lama dikenal suatu istilah yang disebut agency theory. Agency theory (teori keagenan) seperti yang dikemukakan oleh Jensen dan Meckling (1976) adalah suatu teori yang mengemukakan bahwa, pemisahan antara pemilik (prinsipal) dan pengelola (agen) suatu perusahaan dapat menimbulkan masalah keagenan (agency problem). Agency problem yang dimaksud antara lain adalah terjadinya informasi yang asimetri (tidak sama) antara yang dimiliki oleh pemilik dan pengelola. Dengan adanya kepemilikan informasi yang tidak setara itu maka manajemen (agen) perusahaan cenderung melakukan moral hazard dan adverse selection. Manajer memang mempunyai kewajiban untuk memaksimumkan kesejahteraan para pemegang saham. Namun disisi lain manajer juga mempunyai kepentingan untuk memaksimumkan kesejahteraan mereka. Penyatuan kepentingan pihak-pihak ini seringkali menimbulkan masalah yang disebut dengan masalah keagenan. Memburuknya kondisi dari agency problem juga disebabkan, walaupun manajer mendapatkan kompensasi dari pekerjaannya, namun pada kenyataannya perubahan kemakmuran manajer jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan peru-bahan kemakmuran pemegang saham atau pemilik (Jensen dan Meckling 1976).

Keywords: Masalah, Biaya Keagenan

 
Peta Situs | Peta Kampus | Kontak
Trisakti School of management
Jl. Kyai Tapa No. 20. Grogol - Jakarta Barat 11440
Telp. 021.5666717 [HUMAS Ext. 260 & 290] Fax. 021.5635480
Copyright © 2009 Trisakti School of Management. All rights reserved.
Official Website :: Trisakti School of Management
Developed By: IT Team