space
space overlay
TSM  »  Rincian TSM News & Highlights
» Related Photos/Images
Kompetisi Nasional TSM, Kampus Juara, Juara Nasional, Kampus Dengan Tradisi Juara, Kampus Favorite, Kampus Unggulan por
Kompetisi Nasional TSM, Kampus Juara, Juara Nasional, Kampus Dengan Tradisi Juara, Kampus Favorite, Kampus Unggulan - Copy
Kompetisi Nasional TSM, Kampus Juara, Juara Nasional, Kampus Dengan Tradisi Juara, Kampus Favorite, Kampus Unggulan por 1
TSM MENJUARAI LOMBA ACCOUNTING OLYMPIAD DI UPH

Pada tanggal 14-17 November lalu, Universitas Pelita Harapan (UPH) kembali menggelar acara tahunannya yang berjudul 8th Accounting Exhibition (ACTION!8) : KAIZEN, di mana salah satu bagian dalam acara ini ialah Accounting Olympiad yang merupakan salah satu kompetisi akuntansi tingkat nasional yang cukup bergengsi di Indonesia. Kali ini, Trisakti School of Management (TSM) mengirimkan 3 tim terbaiknya, yakni Tim TSM 1 terdiri dari Veliscya Agness (Angkatan 2014, International Class, Beasiswa Full, Asisten Dosen), Alicya Waty Tannato (Angkatan 2014, International Class, Beasiswa Prestasi, Asisten Dosen), dan Mayer Rex Kusuma (Angkatan 2014, International Class, Beasiswa Full, Asisten Dosen), Tim TSM 2 terdiri dari Haryanti Hasanah (Angkatan 2014, Beasiswa Full, Asisten Dosen), Aulia Nur Hasanah (Angkatan 2014, Beasiswa Full, Asisten Dosen), dan Antonia Ayu Mahardika (Angkatan 2014, Beasiswa Bidik Misi, Asisten Dosen), serta Tim TSM 3 terdiri dari Gracia (Angkatan 2015, International Class, Beasiswa Full, Asisten Dosen), Indra Ngadimin (Angkatan 2015, International Class, Beasiswa Full, Asisten Dosen), dan Shelly Pratiwi Ningsih (Angkatan 2015, International Class, Beasiswa Full, Asisten Dosen).

Kompetisi diawali dengan babak Preliminary Online pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 yang merupakan seleksi awal untuk memilih 25 tim terbaik yang akan mengikuti Main Round di UPH, di mana ketiga tim TSM berhasil lolos dan mereka harus menghadapi tim-tim dari berbagai universitas negeri dan swasta terkenal lainnya eperti Universitas Indonesia, Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Surabaya, President University, Universitas Tarumanegara, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Main Round pertama diadakan di UPH yang terdiri dari 2 babak, yakni penyisihan secara individual dan workshop secara tim. Pada penyisihan individual, masing-masing anggota tim harus mengerjakan 100 butir soal pilihan ganda dan isian dengan topik yang berbeda untuk setiap individu. Kemudian dilanjutkan dengan workshop yang diadakan oleh CIMA (Chartered Institute of Management Accountant). Pada babak workshop ini, setiap tim diberikan sebuah case berkaitan tentang akuntansi manajemen sebanyak 21 lembar untuk dibedah dan dikerjakan dalam waktu 75 menit. Nilai dari kedua babak tersebut diakumulasikan untuk mendapatkan 12 tim terbaik dan tentunya ketiga tim TSM berhasil menjadi bagian dari tim yang lolos dan melaju ke Babak Semifinal.

Babak Semifinal kompetisi ini merupakan Accounting Race, di mana setiap tim berkompetisi dengan tim lainnya di 6 pos yang berbeda untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Hasil akhir dari keseluruhan poin digunakan untuk menentukan 4 tim terbaik yang akan masuk ke Babak Final, di mana Tim TSM 1 dan Tim TSM 3 berhasil melaju ke babak ini bersama dengan tim dari Universitas Surabaya dan Universitas Tarumanegara.

Babak Final diawali dengan sesi debat dengan penentuan mosi dan pro-kontra secara on the spot, di mana materi yang diperdebatkan ialah materi tentang implementasi dari update salah satu IFRS terbaru yang merupakan suatu current issue di dunia akuntansi kini. Setiap tim diberikan waktu selama 15 menit untuk melakukan persiapan. Kedua tim TSM membawakan materi debat dengan sangat baik sehingga keduanya berhasil memperoleh skor tertinggi dalam sesi ini. Skor pada sesi debat ini kemudian digunakan sebagai modal skor untuk babak selanjutnya, yaitu lomba cerdas cermat dan betting. Babak ini berlangsung dengan sengit dengan keempat tim saling berlomba menjawab pertanyaan untuk mengejar nilai satu sama lain. Pada akhirnya, Tim TSM 3 berhasil keluar sebagai Juara 2 dan Tim TSM 1 sebagai Juara 3. Selain hadiah trofi, sertifikat, dan uang tunai, mereka juga berhak memperoleh beasiswa untuk memperoleh gelar CIMA. Bravo TSM dan tetaplah menjadi Kampus Tradisi Sang Juara!!!